Orientasi Pengenalan Kampus (Part I)

di postingan ini aku mau cerita tentang P2B FISIP kemaren, aku masuk kepanitiaan sebagai bindam (pembina dan pendamping) untuk mahasiswa baru, aku masuk di kelompok 8 yang nama kelompoknya "Marsinah".
sebelum cerita, aku mau flashback ke masa p2b aku dulu, tahun 2013. biar lebih mudah mengingatnya, aku sambil buka kalender 2013 hehe..
jadi waktu tanggal 27 Agustus 2013, ada hari pra-P2B, di mana pada hari itu kita bagi kelompok, dan aku masuk kelompok terakhir yaitu kelompok 12 dan semua yang ada di kelompok itu gak ada yang aku kenal. aku juga udah lupa siapa bindamku karena mereka teramat sangat pendiam dan pasif. jaman aku p2b dulu belum ada grup Line kayak sekarang, jadi informasi dan peraturan yang didapat di hari prap2b semandiri mungkin untuk dipenuhi. dulu atributnya masih aneh-aneh sih, baju putih abu-abu, pakai jas almamater, pakai slayer orange fisip yang khas, pakai nametag dengan ukuran yang ditentukan terus pas fotonya pakai tok RT, yang cowok pakai kopiah biar kayak presiden sebagai ciri kita yaitu kampus sospol, terus pakai tas ransel dari karung dengan tali sebelah kanan warna hitam sebelah kiri warna putih, pakai kaos kaki sebelah kanan hitam sebelah kiri putih, pakai sepatu dengan tali sebelah kanan hitam sebelah kiri putih, yang berkerudung pakai jilbab warna putih dengan diikat 13 buah pita yang gak boleh pakai karet atau peniti, yang gak berkerudung rambutnya dikuncir sejumlah 13 kunciran tanpa pakai karet.
28 Agustus 2013 itu hari P2B universitas, datang ke kampus harus sebelum jam 6, dunia masih gelap aku udah berangkat. sesampainya di depan gerbang fisip udah dicari-cari sama senior, diantar cuma sampai depan gerbang, turun dari motor salaman sama abah terus langsung lari ke gerbang. baru nginjak gerbang udah ada yang teriakin disuruh lari-lari padahal udah lari. lumayan jauh yaa antara gerbang utama ulm sama fisip, pas sampai fisip engap-engapan, tiba-tiba di kuping diteriakin "tegap dek posisi siap!!" anjirrrrr..
dan jujur, sebenarnya tingkat keseraman ospek aku kemaren masih standart, serem iya tapi gak serem-serem amat. tapi untuk senior dari segi penampilan itu udah keren, senior banget, sangar, tua-tua, gede, yang ceweknya cempreng abis, anak kampus banget, mahasiswa banget. pemandangan baru buat Rizqa yang baru lulus SMA.
nah setelah semuanya dibarisin sesuai kelompok, aku baris paling depan, di samping leader, leadernya Awang, dari situ juga aku kenal dan berteman sama Awang. waktu itu lagi rame-ramenya joget sesar kan, jadi peregangan setelah tadi diomelin dibentak-bentak diteriakin kita diajak joget sesar bareng, agak garing sih menurutku hahahaha, karena waktu itu aku kan masih dalam perasaan gak senang masuk dan kuliah di fisip, dan belum punya temen. setelah dari peregangan, seingatku kita langsung menuju rektorat untuk upacara pembukaan p2b. setelah upacara kita ke GSG, terus gabung sama fakultas hukum untuk pemberian materi di hari pertama p2b dan pengenalan UKM tingkat universitas. kontras banget antara orange sama merah bersebelahan. kalo gak salah pulangnya sore. karena kegiatannya cuma di dalam ruangan jadi ya pasti boring, terus pegel, dan sekali lagi Rizqa belum punya temen, siapa yang mau diajak ngobrol?
yang paling aku suka di p2b itu sesi minta tanda tangan panitia dan bindam. dan minimal harus dapat 40 ttd, kalo gak bisa kena hukuman, ancamannya sih gitu. oh iya, jaman aku p2bnya masih di GSG karena waktu itu aula fisip masih dalam tahap perbaikan habis dari kebakaran. sampai akhirnya hari ke-3 itu closing p2b, itu sih puncaknya senior marah-marah, nah pas hari terakhir itu menurutku yang udah masuk ke klimaksnya, super serem. terus setelah entah 15-30 menit mereka ngomel bentak dan terak-teriak, kita yang awalnya ngadep ke belakang, diminta balik kanan, taunya ada ucapan "selamat datang mahasiswa baru bla bla bla bla...!!!" terus semua panitia tepuk tangan menyambut kami, kami bingung, terus akhirnya ikut-ikutan tepuk tangan. anjir kami dikerjain, kasian yang udah pingsan sama yang udah nangis.
besoknya lagi adalah hari HIMA, yang rangkaian acaranya itu pengenalan program studi, kuliah umum, pemilihan ketua angkatan, dan lain sebagainya. di situ juga aku jadi kenal sama HI MA BI atau himpunan mahasiswa ilmu administrasi bisnis. sesi tanda tangan masih berjalan, di situ juga aku lebih mudah untuk minta ttd kakak yang lain, sama dosen juga.
terus besoknya hari UKM. aku lupa kalo gak salah hari UKM itu Mapala dulu, kita pake baju training diajak keliling universitas, sampai ke belakang-belakang, sambil mungut sampah anorganik perkelompok dikasih kantong mayat, terus di gedung baru itu disiapin flying fox khusus maba berbadan mungil dan kurus sama kakak-kakak mapala, turun dari lantai 2 ke depan sekretariat mapala. setelah mapala, seingatku ya, besoknya itu dari SSD, kita diajak ngumpul di aula rektorat lantai 1, di situ mereka kenalin gimana sih kesenian ala-ala mahasiswa itu. terus besoknya lagi ada dari BIPOK, di hari itu adalah pertandingan futsal antar kelompok. sampai akhirnya di malam minggu kita ada malam inagurasi di open space dengan tema Fisip Expo. bener-bener niat banget kayaknya dari panitia untuk acara p2b ini, karena dari hari pertama ospek sampai malam inagurasi kita jadi mudah beradaptasi, bisa akrab sama teman satu kelompok (mengingat dulu gak ada grup line, gadget dan sosmed kayak instagram gak semua orang punya), dan lebih cepat mengenal kampus.
karena flashbacknya ternyata kepanjangan, jadi postingan ini aku cut ke part II ya hahahahahaha..
sebenarnya banyak sih foto aku waktu p2b kemaren, tapi di laptop aku yang lama, nanti aku post deh sama foto-fotonya + foto malam inagurasi.

Comments

Popular Posts